Senin, 04 Desember 2017

Profil Perusahaan PT. Kereta Api Logistik ( KALOG )

Profil Perusahaan PT. Kerete Api Logistik 


Ø  Sejarah :
   Digagas dan didirikan oleh Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, pada tanggal 8 September 2009.
PT KERETA API LOGISTIK (KALOG) adalah perusahaan dibawah induk PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api (KA), dengan cakupan bisnis "door to door" (DTD) service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan purna serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Terminal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

Ø  Lokasi Kantor Pusat :
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A, Jakarta Pusat 10340

Ø  Cabang :
-          Jakarta Utara ( Jl. R.E. Martadinata, No. 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310
       Telp. 021 – 43910788 )
-          Jakarta Utara ( Kompleks Pergudangan, Jl.Kampung Bandan No .1,Jakarta Utara Telp. 0888 0838 7137 )
-          Jakarta Selatan ( Jl.Manggarai Utara .No.1,Jakarta Selatan Telp. 0888 0838 7139 / 0888 0838 7131 )
-          Jakarta Pusat ( Jl.Bungur Besar Raya .Jakarta Pusat 10410 )
-          Jawa Barat ( Bekasi, Jl. Dry Port Raya, Kota Jababeka, Cikarang – Bekasi 17530
Telp. 021 – 29082583 )
-          Jawa Tengah ( Semarang, JL. Imam Bonjol .No.115
Telp 024 – 70408918 / 08522311999 )
-          Jawa Timur ( Surabaya, Jl. Semut Kali ,Gudang PT KAI 1 , Telp. 031 – 3532992 )
-          Sumatera Selatan ( Palembang )

Ø  Visi dan misi

·        Visi:
Menjadi perusahaan penyedia jasa logistik terpadu, unggul, dan terpecaya.

·        Misi:
-          Menyediakan jasa logistik berbasis kereta api dengan solusi door to door service 
-          Mengembangkan bisnis jasa logistik dengan menyelenggarakan layanan mining logisticswarehousing, depot container dan jasa kurir.  dalam sistem infrastruktur terpadu
-          Membangun kapabilitas dan kredibilitas perusahaan melalui strategi sinergis dengan stakeholders
-          Meningkatkan nilai tambah korporasi bagi shareholders.

Ø  Total Karyawan

-          Kantor pusat : 130 orang
-          Kantor cabang : -



> Struktur organisasi :




 Ø  SWOT

·        Strengths :
-          Keamanan terjamin
-          Perjalanan yang terjadwal
-          Satu hari sampai tujuan
-          Terjamin kelancarannya, tidak terhambat kemacetan
-          Jaringan KA yang luas jangkauannya, terutama Pulau Jawa
-          Daya angkut komoditi yang besar volumenya.

·        Weaknesses :
-          Desain infrastruktur KA (stasiun, gudang, CY, dan juga rel) besifat fixed dan pada umumnya dedicated untuk komoditas tertentu sehingga tidak mudah untuk digunakan multi komoditas.
-          KA kurang fleksibel karena hanya mampu mengangkut dari stasiun ke stasiun. 
-          Angkutan dengan KA masih harus melibatkan moda lain, terutama truk, sebagai feeder untuk pick-up dari gudang shipper maupun forwarder untuk delivery ke gudang receiver
-          Dari sisi pengelola moda, biaya investasi untuk mengoperasikan KA juga sangat besar. Biaya ini mencakup biaya investasi (pengadaan alat operasi dan pemeliharaan sarana prasarana baik moda maupun pendukungnya) dan biaya operasi.

·        Opportunities :
-          Pengoperasian moda pemadu  (picking, dooring, forwarding) yang investasinya bisa lebih kecil daripada pembelian truk antar kota yang dilayani KA
-          di Pulau Sumatera ada jalur kereta api sepanjang 1.176 kilometer, yang tidak terkoneksi secara utuh. Jalur tersebut berada di wilayah Divisi Regional I, seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.
-          Fokus pembangunan dan pembangunan industry holtikultura dan perikanan khususnya, masih membuka peluang yang cukup besar dalam cold chain logistics.
-          Pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, membutuhkan bahan baku semen, pasir, besi, baja, dll yang jumlahnya sangat besar, sehingga memberikan peluang bagi kalog dalam hal pengangkutan barang.

·        Threats :
-          Keterlambatan pengiriman karena permasalahan teknis, seperti rel yang rusak
-          Sistem IT yang terganggu, sehingga dapat menghambat operasi perusahaan
-          Jasa pengiriman barang lewat jalan raya ( Trucking )

Ø  Sertifikat atau surat ijin usaha yang harus dimiliki perusahaan :

-          memiliki akte pendirian perusahaan
-          memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan
-          memiliki Surat Keterangan Domisili Perusahaan


Ø  Sertifikat atau surat ijin usaha yang harus dimiliki karyawan :

-          Karyawan biasa ( officer, admin, dll ) : sertifikat hanya sebagai unsur pendukung atau nilai tambah
-          Tenaga ahli : minimum DIII di bidang Pelayaran/Maritim,/ Penerbangan/ Transportasi/IATA Diploma/FIATA Diplorna, S1 Logistik, Sertifikat ahli Kepabeanan/Kepelabuhanan.

Ø  Jasa yang ditawarkan dan wilayah operasi

·        Kurir dan cargo :

   KALOG melayani pengiriman barang dan dokumen untuk kota-kota yang dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa. Untuk saat ini KALOG telah membuka perwakilan wilayah di kota-kota, seperti: Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Semarang, Malang, dan Surabaya. Untuk meningkatkan coverage area pelayanan, KALOG berencana menambah outlet baru di kota-kota besar lainnya.


·        Angkutan Kontainer Kereta Api (Railway Container Transport) :

- Sungai Lagoa dan Jakarta Gudang (Jakarta) - Kalimas (Surabaya) 
- Pasoso (Jakarta) - Gedebage (Bandung)
- JICT (Jakarta) - Cikarang Dry Port (Jawa Barat)
- Jakarta & Surabaya – Semarang


·        Terminal barang :

-Terminal Barang Sungai Lagoa, Tanjung Priok - Jakarta.
-Terminal Barang Cibungur - Purwakarta.
-Terminal Barang Kalimas - Surabaya.
-Terminal Waru - Sidoarjo.

·        KA Non Container :

-KALOG telah melayani 3 produsen semen diantaranya 2 produsen semen dengan titik distribusi di Pulau Jawa dan 1 distribusi semen dengan titik distribusi di Sumatera Selatan.
-Selain itu KALOG juga melayani angkutan air mineral kemasan galon stamformasi 8 GD atau setara dengan 10.750 galon  relasi  Cicurug - Jakarta Gudang dengan perjalanan pulang pergi.

·        Bongkar Muat :
KALOG memiliki pengalaman sangat baik dalam menangani storage yard dan bongkar/muat batubara di Stasiun Sukacinta dan Stasiun Kertapati (Sumatera Selatan).
  

·        Pergudangan :
   Saat ini terdapat dua kawasan Pergudangan Transit, yaitu Kawasan Pergudangan Transit Kampung Bandan Jakarta dan Kawasan Pergudangan Transit Pasarturi Surabaya. Setiap kawasan dilengkapi dengan fasilitas pergudangan, fasilitas perkantoran, fasilitas bongkar/muat barang dari truck dari / ke gudang atau dari / ke gudang ke gerbong kereta api, dan proses pengemasan (packing barang-barang yang akan dikirim). Bongkar / muat barang disamping dilakukan secara manual oleh manusia juga dibantu dengan berbagai alat, seperti forklift, trolly, dan lain-lain.



Ø  Bagaimana bisnis dijalankan ?
   Orientasi bisnis KALOG adalah sebagai penyedia jasa layanan distribusi logistik secara total (Total Logistics Solution) melalui “End-to-End Services” atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.
Fungsi dan peran KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai “pencipta nilai tambah (value-added creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan gudang.
Fokus dan penguatan peran penting KALOG ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post-Service dari layanan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta integrated-service berbasis information technology sepanjang rantai jasa layanan distribusi logistik.

Ø  Aset yang dimiliki :

- Alat transportasi pendukung operasi perusahaan
- terminal barang, gudang, kantor pusat dan area
- KA container dan non container
- dll

Ø  Total asset yang dimiliki (Rp) :
-
Ø  Total penjualan/sales 2016 (Rp) :
-
Ø  Mitra Perusahaan :
-          Melakukan kerjasama dengan PT Bintang Laut Platinum dengan membentuk Joint Operation (JO) B-KALOG, yang kegiatan bisnisnya adalah pengelolaan area di Jakarta Gudang, Surabaya Pasar Turi, dan Benteng Miring.
-          Melakukan kerjasama dengan PT Bumi Wijaya Terminal dengan membentuk Joint Operation (JO) BUMI KALOG, yang kegiatan bisnisnya adalah pengelolaan area di Sungai Lagoa, Kalimas dan Waru.
-          Dll.

Ø  Pelanggan Utama :
-          Pos Indonesia
-          Ceva Logistik Indonesia
-          Unilever Indonesia
-          Danone Aqua
-          Nestle Indonesia
-          Samudera Shipping

Ø  Tarif LCL dan FCL :
-
·        Daftar tariff pengiriman paket / barang hantaran :




Ø  Kendala dalam memenuhi kebutuhan pelanggan :

-          Coverage area yang masih terbatas
-          Demand yang fluktuatif
-          Kebijakan regulator yang menghambat proses berjalannya operasi perusahaan

Ø  Bagaimana promosi penjualan dilakukan ?

-          Revitalisasi layanan jasa logistik yang menaikkan customer value ( kecepatan, ketepatan, keefisienan, keandalan )
-          Brand building dan repositioning ke layanan jasa logistik berbasis kereta api.
-          Equal treatment dalam menyusun service level dengan para vendor transportation.

Ø  Peran perkembangan IT dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan

   Peran teknologi informasi yang digunakan KALOG pada kegiatan operasinya berguna untuk memetakan fungsi sales, inventory dan purchasing. Ketiga fungsi ini merupakan fungsi yang kini paling krusial untuk dipetakan oleh unit kerja IT KALOG. Hal tersebut dapat dipahami, karena KALOG sebagai perusahaan logistik yang tidak hanya melayani Business to Business (B to B) tapi juga Business to Customer (B to C) dengan moda layanan station to station, station to door, door to station maupun door to door.


Ø  Pelatihan Karyawan :
-          Pelatihan Kesehatan & Keselamatan Kerja
-          Pelatihan Penyusunan SOP Pengadaan Barang/Jasa Anak Perusahaan BUMN
-          Pelatihan Internal Auditor
-          Pelatihan Document Control
-          Pelatihan Budgeting.


Ø  Program Magang :
Dilaksanakan dalam waktu 3 bulan.


Ø  Kompetensi yang harus dimiliki staf bagian operasional dan bagian penjualan :
-          IT
-          English ( oral & writing )
-          Kemampuan organisasi
-          Analytical thinking
-          Matematika
-          Soft skills


Ø  Dokumentasi kunjungan :
















3 komentar:

  1. cara mengurus barang hilang di kalog bagaimana ya?

    BalasHapus
  2. ULTRA SAMUDERA ASIA

    Domestic & International Freight Forwarder



    Dear Import Dept / Purchasing Dept



    Perkenankan Kami dari PT. ULTRA SAMUDERA ASIA yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.



    CUSTOMS CLEARANCE

    Kami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In) Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya



    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    · General Customs Clearance

    · All-in Customs Clearance

    Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges

    · Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika

    · Air& Sea Freight (LCL & FCL)

    · Bonded Warehousing

    · Under Name

    · Import Sea Freight & AirFreight Service

    · Export Sea Freight & AirFreight Service

    · Import Consulidation

    · Custom Clearance Import ( ALLIn )

    · Second of Machine Import




    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kouta import seperti :



    · PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    · Mesin Bekas / Barang bekas

    · Garment

    · Textile



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi


    - Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    - Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    - Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    - Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.


    --
    Best Regards,



    Mr. Muhajir

    Marketing import



    PT. ULTRA SAMUDERA ASIA

    GD. Pembina Graha blok, 2 Lt. 2 Room 226

    Jl. D.I.Panjaitan No.45 jakarta timur 13350

    Telp : +621 8591 7733

    Fax : +621 2101 1432

    Mobile : 0812 6585 8034 (WA)

    Email : muhajir.importusa@gmail.com

    BalasHapus