Profil Perusahaan PT. Kerete Api Logistik
Ø Sejarah :
Digagas dan
didirikan oleh Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius
Jonan, pada tanggal 8 September 2009.
PT KERETA API LOGISTIK (KALOG) adalah
perusahaan dibawah induk PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan
bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api (KA), dengan
cakupan bisnis "door to door" (DTD) service untuk memberikan
pelayanan yang parnipurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan
angkutan pra dan purna serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan
Terminal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan,
pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan
menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.
Ø Lokasi Kantor Pusat :
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 11 A,
Jakarta Pusat 10340
Ø Cabang :
-
Jakarta
Utara ( Jl. R.E. Martadinata, No. 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14310
Telp. 021 – 43910788 )
-
Jakarta
Utara ( Kompleks Pergudangan, Jl.Kampung Bandan No .1,Jakarta Utara Telp. 0888
0838 7137 )
-
Jakarta
Selatan ( Jl.Manggarai Utara .No.1,Jakarta Selatan Telp. 0888 0838 7139 / 0888
0838 7131 )
-
Jakarta
Pusat ( Jl.Bungur Besar Raya .Jakarta Pusat 10410 )
-
Jawa
Barat ( Bekasi, Jl. Dry Port Raya, Kota Jababeka, Cikarang – Bekasi 17530
Telp. 021 – 29082583 )
-
Jawa
Tengah ( Semarang, JL. Imam Bonjol .No.115
Telp 024 – 70408918 / 08522311999 )
-
Sumatera
Selatan ( Palembang )
Ø Visi dan misi
·
Visi:
Menjadi perusahaan penyedia jasa
logistik terpadu, unggul, dan terpecaya.
·
Misi:
-
Menyediakan
jasa logistik berbasis kereta api dengan solusi door to door service
-
Mengembangkan
bisnis jasa logistik dengan menyelenggarakan layanan mining logistics, warehousing,
depot container dan jasa kurir. dalam sistem infrastruktur terpadu
-
Membangun
kapabilitas dan kredibilitas perusahaan melalui strategi sinergis dengan stakeholders
-
Meningkatkan
nilai tambah korporasi bagi shareholders.
Ø Total Karyawan
-
Kantor
pusat : 130 orang
-
Kantor
cabang : -
> Struktur organisasi :
Ø SWOT
·
Strengths
:
-
Keamanan
terjamin
-
Perjalanan
yang terjadwal
-
Satu
hari sampai tujuan
-
Terjamin
kelancarannya, tidak terhambat kemacetan
-
Jaringan
KA yang luas jangkauannya, terutama Pulau Jawa
-
Daya
angkut komoditi yang besar volumenya.
·
Weaknesses
:
-
Desain
infrastruktur KA (stasiun, gudang, CY, dan juga rel) besifat fixed dan pada
umumnya dedicated untuk komoditas tertentu sehingga tidak
mudah untuk digunakan multi komoditas.
-
KA
kurang fleksibel karena hanya mampu mengangkut dari stasiun ke stasiun.
-
Angkutan
dengan KA masih harus melibatkan moda lain, terutama truk, sebagai feeder untuk
pick-up dari gudang shipper maupun forwarder untuk
delivery ke gudang receiver.
-
Dari
sisi pengelola moda, biaya investasi untuk mengoperasikan KA juga sangat besar.
Biaya ini mencakup biaya investasi (pengadaan alat operasi dan pemeliharaan
sarana prasarana baik moda maupun pendukungnya) dan biaya operasi.
·
Opportunities
:
-
Pengoperasian
moda pemadu (picking, dooring, forwarding) yang investasinya
bisa lebih kecil daripada pembelian truk antar kota yang dilayani KA
-
di
Pulau Sumatera ada jalur kereta api sepanjang 1.176 kilometer, yang tidak
terkoneksi secara utuh. Jalur tersebut berada di wilayah Divisi Regional I,
seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.
-
Fokus
pembangunan dan pembangunan industry holtikultura dan perikanan khususnya,
masih membuka peluang yang cukup besar dalam cold chain logistics.
-
Pembangunan
infrastruktur secara besar-besaran, membutuhkan bahan baku semen, pasir, besi, baja,
dll yang jumlahnya sangat besar, sehingga memberikan peluang bagi kalog dalam
hal pengangkutan barang.
·
Threats
:
-
Keterlambatan
pengiriman karena permasalahan teknis, seperti rel yang rusak
-
Sistem
IT yang terganggu, sehingga dapat menghambat operasi perusahaan
-
Jasa
pengiriman barang lewat jalan raya ( Trucking )
Ø Sertifikat atau surat ijin usaha yang
harus dimiliki perusahaan :
-
memiliki
akte pendirian perusahaan
-
memiliki
Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan
-
memiliki
Surat Keterangan Domisili Perusahaan
Ø Sertifikat atau surat ijin usaha yang
harus dimiliki karyawan :
-
Karyawan
biasa ( officer, admin, dll ) : sertifikat hanya sebagai unsur pendukung atau
nilai tambah
-
Tenaga
ahli : minimum DIII di bidang Pelayaran/Maritim,/ Penerbangan/
Transportasi/IATA Diploma/FIATA Diplorna, S1 Logistik, Sertifikat ahli
Kepabeanan/Kepelabuhanan.
Ø Jasa yang ditawarkan dan wilayah
operasi
·
Kurir
dan cargo :
KALOG melayani pengiriman barang dan dokumen untuk kota-kota yang
dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa. Untuk saat ini KALOG telah
membuka perwakilan wilayah di kota-kota, seperti: Jakarta, Bandung, Cirebon,
Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kertosono,
Kediri, Tulungagung, Blitar, Semarang, Malang, dan Surabaya. Untuk meningkatkan
coverage area pelayanan, KALOG berencana menambah outlet baru di kota-kota
besar lainnya.
·
Angkutan
Kontainer Kereta Api (Railway Container Transport) :
-
Sungai Lagoa dan Jakarta Gudang (Jakarta) - Kalimas (Surabaya)
-
Pasoso (Jakarta) - Gedebage (Bandung)
-
JICT (Jakarta) - Cikarang Dry Port (Jawa Barat)
-
Jakarta & Surabaya – Semarang
·
Terminal barang :
-Terminal Barang Sungai Lagoa, Tanjung Priok - Jakarta.
-Terminal Barang Cibungur - Purwakarta.
-Terminal Barang Kalimas - Surabaya.
-Terminal
Waru - Sidoarjo.
·
KA Non Container :
-KALOG
telah melayani 3 produsen semen diantaranya 2 produsen semen dengan titik
distribusi di Pulau Jawa dan 1 distribusi semen dengan titik distribusi di
Sumatera Selatan.
-Selain
itu KALOG juga melayani angkutan air mineral kemasan galon stamformasi 8 GD
atau setara dengan 10.750 galon relasi Cicurug - Jakarta Gudang
dengan perjalanan pulang pergi.
·
Bongkar Muat :
KALOG
memiliki pengalaman sangat baik dalam menangani storage yard dan
bongkar/muat batubara di Stasiun Sukacinta dan Stasiun Kertapati (Sumatera
Selatan).
·
Pergudangan :
Saat ini terdapat dua kawasan Pergudangan
Transit, yaitu Kawasan Pergudangan Transit Kampung Bandan Jakarta dan Kawasan Pergudangan
Transit Pasarturi Surabaya. Setiap kawasan dilengkapi dengan fasilitas
pergudangan, fasilitas perkantoran, fasilitas bongkar/muat barang dari truck
dari / ke gudang atau dari / ke gudang ke gerbong kereta api, dan proses
pengemasan (packing barang-barang yang akan dikirim). Bongkar / muat barang
disamping dilakukan secara manual oleh manusia juga dibantu dengan berbagai
alat, seperti forklift, trolly, dan lain-lain.
Ø
Bagaimana bisnis dijalankan ?
Orientasi bisnis KALOG adalah sebagai
penyedia jasa layanan distribusi logistik secara total (Total Logistics
Solution) melalui “End-to-End Services” atau dengan kata lain sebagai SCM
Service Provider.
Fungsi
dan peran KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya
adalah sebagai “pencipta nilai tambah (value-added creator) sepanjang rantai
nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah
disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan
gudang.
Fokus
dan penguatan peran penting KALOG ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan
Post-Service dari layanan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta
integrated-service berbasis information technology sepanjang rantai jasa
layanan distribusi logistik.
Ø
Aset yang dimiliki :
-
Alat transportasi pendukung operasi perusahaan
-
terminal barang, gudang, kantor pusat dan area
-
KA container dan non container
-
dll
Ø
Total asset yang dimiliki (Rp) :
-
Ø
Total penjualan/sales 2016 (Rp) :
-
Ø
Mitra Perusahaan :
-
Melakukan kerjasama dengan PT Bintang Laut Platinum
dengan membentuk Joint Operation (JO) B-KALOG, yang kegiatan bisnisnya adalah
pengelolaan area di Jakarta Gudang, Surabaya Pasar Turi, dan Benteng Miring.
-
Melakukan kerjasama dengan PT Bumi Wijaya Terminal
dengan membentuk Joint Operation (JO) BUMI KALOG, yang kegiatan bisnisnya
adalah pengelolaan area di Sungai Lagoa, Kalimas dan Waru.
-
Dll.
Ø
Pelanggan Utama :
-
Pos Indonesia
-
Ceva Logistik Indonesia
-
Unilever Indonesia
-
Danone Aqua
-
Nestle Indonesia
-
Samudera Shipping
Ø
Tarif LCL dan FCL :
-
·
Daftar tariff pengiriman paket / barang hantaran :
Ø Kendala
dalam memenuhi kebutuhan pelanggan :
-
Coverage area yang masih terbatas
-
Demand yang fluktuatif
-
Kebijakan regulator yang menghambat proses berjalannya
operasi perusahaan
Ø Bagaimana
promosi penjualan dilakukan ?
-
Revitalisasi layanan jasa logistik yang menaikkan customer
value ( kecepatan, ketepatan, keefisienan, keandalan )
-
Brand building dan repositioning ke layanan jasa
logistik berbasis kereta api.
-
Equal treatment dalam menyusun service level dengan
para vendor transportation.
Ø Peran
perkembangan IT dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan
Peran teknologi
informasi yang digunakan KALOG pada kegiatan operasinya berguna untuk memetakan
fungsi sales, inventory dan purchasing. Ketiga fungsi
ini merupakan fungsi yang kini paling krusial untuk dipetakan oleh unit kerja
IT KALOG. Hal tersebut dapat dipahami, karena KALOG sebagai perusahaan logistik
yang tidak hanya melayani Business to Business (B to B)
tapi juga Business to Customer (B to C) dengan moda
layanan station to station, station to door, door to station maupun door
to door.
Ø
Pelatihan Karyawan :
-
Pelatihan Kesehatan & Keselamatan Kerja
-
Pelatihan Penyusunan SOP Pengadaan Barang/Jasa Anak
Perusahaan BUMN
-
Pelatihan Internal Auditor
-
Pelatihan Document Control
-
Pelatihan Budgeting.
Ø
Program Magang :
Dilaksanakan dalam waktu 3 bulan.
Ø
Kompetensi yang harus dimiliki staf bagian operasional
dan bagian penjualan :
-
IT
-
English ( oral & writing )
-
Kemampuan organisasi
-
Analytical thinking
-
Matematika
-
Soft skills
Ø
Dokumentasi kunjungan :
cara mengurus barang hilang di kalog bagaimana ya?
BalasHapusdaftar pusakanya apa ya??
BalasHapusULTRA SAMUDERA ASIA
BalasHapusDomestic & International Freight Forwarder
Dear Import Dept / Purchasing Dept
Perkenankan Kami dari PT. ULTRA SAMUDERA ASIA yang bergerak dibidang Sewa Undername Import dan Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Service/Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.
CUSTOMS CLEARANCE
Kami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In) Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya
Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :
· General Customs Clearance
· All-in Customs Clearance
Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges
· Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika
· Air& Sea Freight (LCL & FCL)
· Bonded Warehousing
· Under Name
· Import Sea Freight & AirFreight Service
· Export Sea Freight & AirFreight Service
· Import Consulidation
· Custom Clearance Import ( ALLIn )
· Second of Machine Import
Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kouta import seperti :
· PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya
· Mesin Bekas / Barang bekas
· Garment
· Textile
Operasional Perusahaan Kami Meliputi
- Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
- Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
- Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
- Pelabuhan Belawan ( Medan )
Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.
--
Best Regards,
Mr. Muhajir
Marketing import
PT. ULTRA SAMUDERA ASIA
GD. Pembina Graha blok, 2 Lt. 2 Room 226
Jl. D.I.Panjaitan No.45 jakarta timur 13350
Telp : +621 8591 7733
Fax : +621 2101 1432
Mobile : 0812 6585 8034 (WA)
Email : muhajir.importusa@gmail.com